Berita

PENGUMUMAN UN

Pencarian

PPDB ONLINE

Lokasi Sekolah

SMK Muhammadiyah 2 Turi di SMP Muhammadiyah 1 Sleman?

Berdasarkan alamat masing-masing sekolah, SMK Muhammadiyah 2 Turi berada di Jalan Turi – Tempel Km. 3,5 Ngablak, Bangunkerto, Turi, Sleman, sedangkan SMP Muhammadiyah 1 Sleman beralamatkan di Panggeran, Panggeran 12, Triharjo, Sleman. Dengan demikian kedua instansi tidak berada dalam satu wilayah, namun satu Assets Under Management (AUM) yang sama. Mengapa delegasi SMK Muhammadiyah 2 Turi berada di SMP Muhammadiyah 1 Sleman?

Pada tanggal 18 Februari 2024 SMP Muhammadiyah 1 Sleman mengadakan puncak Milad instansi ke-76. Kegiatan utama yang dilaksanakan dalam Milad ke-76 SMP Muhammadiyah 1 Sleman adalah jalan sehat. Meskipun demikian, khalayak luar pun ikut menyemarakkan kegiatan jalan sehat dengan berbagai aktivitas, seperi; i) jual beli, ii) layanan kesehatan, dan iii) tukar informasi. Itulah kondisi mengapa delegasi SMK Muhammadiyah 2 Turi berada di SMP Muhammadiyah 1 Sleman.

SMK Muhammadiyah 2 Turi memiliki dua kompetensi keahlian, yakni; i) Teknik Audio Video, dan ii) Asisten Keperawatan. Teknik Audio Video di Depangab merupakan jurusan yang membekali murid dengan iman, ketaqwaan, adab, pengetahuan, sikap, serta perilaku kerja di bidang elektro dan elektronika. Secara keilmuan kompetensi, murid akan mendalami ilmu tentang pembuatan, perawatan, perbaikan, instalasi, dan pengolahan audio-video. Terlebih lagi,  film maker dan proteksi jaringan pun dibahas di jurusan ini. Beberap buku yang ditelaah dalam proses pembelajaran seperti; i) Arduino Project Handbook, ii) Wondershare Filmora X User Guide for Windows, dan iii) Fundamentals of Power System Protection, dan iv) sejenisnya. Berdasarkan referensi tersebut, proses pembelajaran di kompetensi keahlian TAV menggunakan bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Sementara itu, kompetensi keahlian Asisten Keperawatan berfokus pada komunikasi keperawatan, ketrampilan dasar keperawatan, dan tindakan dasar keperawatan. Beberapa buku yang dipelajari di jurusan Asisten Keperawatan yaitu; i) ilmu penyakit dan penunjang diagnostik, ii) ketrampilan dasar tindakan keperawatan, dan iii) sebagainya. Di setiap kegiatan AUM yang mampu dijangkau, alhamdulillah kompetensi keahlian Asisten Keperawatan selalu aktif dengan program Pemeriksaaan Kesehatan. Kegiatan ini terdiri dari pengecekan gula darah, asam urat, kolesterol, dan tensi.

Semoga Allah SWT memberikan kekuatan dan ketabahan kepada para aktivis di SMP Muhammadiyah 1 Sleman dan SMK Muhammadiyah 2 Turi dalam beribadah kepada Allah SWT. Semoga pula hasil didikan kedua instansi ini mampu memberikan manfaat yang signifikan di masyarakat sekitar. Aamiin. 

 

Penulis: Nur Rohman Eko Nugroho

Repost : https://pdmsleman.or.id/2024/02/21/smk-muhammadiyah-2-turi-di-smp-muhammadiyah-1-sleman/