LPM UMY GANDENG SMK MUHAMMADIYAH 2 TURI KEMBANGKAN PROGRAM MUHAMMADIYAH GREEN SCHOOL.

Manajemen baru yang diterapkan guna meningkatkan mutu pendidikan di SMK Muhammadiyah 2 Turi mendapatkan perhatian positif dari berbagai pihak. Berbagai dukungan sebagai tanda menguatnya kepercayaan publik terpancar begitu jelas.

Pada pertengahan bulan Februari kemarin Pelaksana Program Pengabdian pada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menggandeng SMK Muhammadiyah 2 Turi sebagai Mitra Kerja dalam pengembangan dan pelaksanaan Program Muhammadiyah Green School.

Penandatanganan Memorandum of Understanding antara kedua belah pihak berlangsung secara sederhana namun penuh khidmat. Nota kesepahaman dan kontrak kerjasama yang bertajuk ”  MUHAMMADIYAH GREEN SCHOOL DI SMK MUHAMMADIYAH 2 TURI MENUJU SEKOLAH ADIWIYATA” ditandatangani oleh Kepala SMK Muhammadiyah 2 Turi, Ibu Purwati, S.Pd., M.Si.
Turut menyaksikan dalam penandatangan tersebut Ibu Septi Nur Wijayanti, S.H.,M.H., selaku Ketua Tim  Pengusul Pelaksana  Program Pengabdian Pada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Dalam pernyataannya Ibu Septi Nur Wijayanti, S.H.,M.H. mengatakan bahwa latar belakang penunjukan kerjasama dengan SMK Muhammadiyah 2 Turi ini dilakukan karena LPM UMY melihat adanya geliat perubahan yang signifikan di sekolah ini. Di sisi lain ia menambahkan potensi Sumber Daya Manusia yang ada di sekolah ini sangat tanggap dan peduli terhadap lingkungan. Hal itu terbukti di kalangan guru di masa Pandemi ini justru mereka gigih mengembangkan tanaman aloevera. Selain sebagai penghias taman sekolah, hasil panen aloevera diolah menjadi minuman dan klethikan khas yang enak serta bernilai gizi tinggi. Ada pula kulit aloevera yang diolah menjadi keripik aloevera yang lezat.

Selain itu sebagai sekolah yang mengembangkan bidang kesehatan sudah selayaknya harus tampil bersih, rapi, asri, dan hijau. Untuk itulah SMK Muhammadiyah 2 Turi ditunjuk sebagai satu satunya pionir sekolah hijau (green school) di Kabupaten Sleman menuju sekolah Adiwiyata.

Ibu Purwati atau sering disapa Bu Netty selaku Kepala Sekolah berharap pada jajaran civitas akademika agar menjalankan amanat ini dengan sebaik - baiknya agar berdaya guna serta berhasil guna demi kemajuan SMK Muhammadiyah 2 Turi.

(dendie@)