GREEN SCHOOL DAN SEKOLAH RAMAH LINGKUNGAN: SMK MUHAMMADIYAH 2 TURI DI NGABLAK LAUNCHING MIKRO PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA

Kerjasama dengan perguruan tinggi merupakan keniscayaan yang harus dilakukan bagi sekolah menengah baik sekolah umum maupun kejuruan. Hal itu diperlukan untuk menumbuhkan skill dan  wawasan  yang lebih luas bagi anak didik. Disamping itu, transformasi ilmu pengetahuan dan teknologi dari lembaga pendidikan tinggi sebagai pengembang ilmu pengetahuan dan   teknologi melalui lembaga penelitian yang dimiliki sangat dibutuhkan bagi lembaga pendidikan di tingkat menengah terlebih bagi masyarakat luas.

Untuk itulah SMK Muhammadiyah 2 Turi di Ngablak yang memiliki chemistry  yang bagus dengan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta bersinergi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya di bidang teknologi tepat guna. Kerjasama teknis  itu diwujudkan dalam Program Teknologi Ramah Lingkungan berupa pemasangan instalasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya mulai hari kamis (4/3)  kemarin dan akan selesai beberapa minggu ke depan.

Tim Teknis SMK Muhammadiyah 2 Turi di Ngablak, yang digawangi oleh Riyanto Pramono, S.Pd.,  selaku Ketua Jurusan Teknik Audio Video  beranggotakan Sudarta S, Pd. selaku Pengelola Video Rekam sekolah dan Ariyawan, S.T. alumnus TE UGM, staf Pengajar Dasar Listrik dan Elektronika berkolaborasi dengan Tim Teknis UMY yang dipimpin seorang Dosen dari Pendidikan Vokasi UMY pogram studi  Teknologi Mesin dan Elektro dengan 2 orang mahasiswa. Tim Teknis UMY telah melakukan survey dan studi kelayakan untuk pemasangan panel surya dan instalasi jaringan yang tepat agar mampu menghasilkan listrik yang memiliki daya dukung tinggi bagi keperluan sekolah.

Sebagaimana kita tahu di era modern ini, kebutuhan akan listrik dalam kehidupan sehari hari merupakan hal yang sangat vital. Kehidupan seolah lumpuh kalau tidak ada listrik. Ketika terjadi  pemadaman listrik oleh PLN, untuk pembenahan jaringan atau karena sebab lain semua kegiatan menjadi terhambat. Untuk mengatasi permasalahan seperti itulah maka pembuatan dan Pemasangan Mikro Pembangkit Listrik Tenaga Surya dijadikan alternatif yang solutif.

Bagi SMK Muhammadiyah 2 Turi di Ngablak sebagai  sekolah kejuruan yang mengandalkan praktek untuk mengasah ketrampilan bagi peserta didiknya maka hambatan teknis karena gangguan listrik bisa teratasi dengan adanya mikro PLTS ini. Apalagi bagi jurusan Teknik Audio Video sebagai jurusan yang paling “doyan” listrik mikro PLTS ini benar benar menjadi berkah. Ketika terjadi pemadaman listrik oleh PLN,  kegiatan praktek dan pembelajaran tetap berjalan dengan lancar. Begitu pula bagi jurusan asisten perawat pemasangan mikro PLTS ini sangat bermanfaat, mengingat alat alat praktek medis di era sekarang ini semua serba elektris.

Wakil Kepala bidang sarana prasarana H. Sarijan, S.Pd.I, mengatakan “ terobosan sinergis dengan menggalang semua potensi yang ada di Muhammadiyah sekarang ini memang semestinya dilakukan. Kita punya UMY, kita punya PKU, kita ini punya jaringan, punya PCM, PDM bahkan sampai Pimpinan Pusat. Dengan mengerahkan semua potensi dalam kerjasama yang sinergis maka satu demi satu semua sarana prasarana di sini akan semakin lengkap dan  sempurna. Kita akan selalu berupaya agar sekolah berkemajuan akan terwujud dengan segera di sini” imbuhnya mengakhiri.