PELAKSANAAN KEGIATAN SIMULASI EVAKUASI BENCANA DI SMK MUHAMMADIYAH 2 TURI

Pada tanggal 26 April 2021, SMK Muhammadiyah 2 Turi mengadakan acara kegiatan simulasi evakuasi bencana. Acara ini diselenggarakan berdasarkan surat edaran dari gubernur DIY no : 360/8180. Acara dilaksanakan pada pukul 10.00 WIB di SMK Muhammadiyah 2 Turi dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Simulasi evakuasi bencana dilakukan dalam bentuk latihan kesiapsiagaan bencana antara lain latihan evakuasi bencana, uji alat peringatan dini seperti sirine, alarm dan kentongan. SMK Muhammadiyah Turi mengadakan simulasi bencana untuk bencana alam angin kencang. Simulasi ini diikuti ibu kepala sekolah (ibu Purwati), guru, karyawan dan beberapa siswa.

Disimulasikan ada becana alam angin kencang kemudian guru, karyawan, dan siswa berkumpul di titik kumpul dan ternyata ada siswa yang belum ikut berkumpul. Mereka masih ada di ruang kelas dalam kondisi cedera sehingga kemudian tim PMR segera memberikan pertolongan kepada siswa - siswa tersebut. Siswa - siswa yang cedera tersebut dibawa ke mobil ambulance untuk diobati.

Dengan adanya kegiatan simulasi bencana ini diharapkan SMK Muhammadiyah 2 Turi dan sekolah - sekolah yang lain mengerti apa yang harus dilakukan ketika terjadi bencana alam yang sesungguhnya dan mengerti bagaimana melakukan perawatan jika ada yang cedera.