6 Lulusan SMK Muhammadiyah 2 Turi ke Jepang

SMK Muhammadiyah 2 Turi Sleman, pada hari Kamis, 3 Juni 2021 mewisuda 25 siswanya di aula sekolah setempat. Dari 25 siswa yang diwisuda tersebut, 6 di antaranya telah diterima bekerja sebagai perawat di sebuah Rumah Sakit di Jepang, sehingga beberapa hari kemudian mereka akan berangkat ke Jepang.

Wisuda diawali kirab peserta sambil membawa tanaman dan buku yang kemudian disumbangkan ke sekolah tempat  mereka menimba ilmu. Selanjutnya, satu per satu mereka diwisuda dengan ditandai pengalungan Samir oleh Ibu Kepala Sekolah, Ibu Purwati, S.Pd,M.Si. Setelah diwisuda, mereka menulis kenangan yang telah diperoleh selama belajar di sekolah di sebuah bentangan banner.

Menurut Ibu Purwati, S.Pd,M.Si, SMK yang dipimpinnya memiliki dua jurusan, yaitu Teknik Audio Video dan Asisten Keperawatan. Dari 25 lulusan tersebut, 14 siswa mengikuti tes untuk bisa bekerja di rumah sakit di jepang dan 6 siswa dinyatakan diterima. Sisanya, sudah diterima di Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di DIY.

“Bagi 6 lulusan yang akan berangkat ke Jepang ini diyakini tidak akan menemukan suatu permasalahan yang berarti. Sebab, mereka sudah fasih berbahasa Jepang, mengingat di SMK Muhammadiyah 2 Turi juga diajari Bahasa Jepang dan mereka juga sudah diajari hal – hal yang berkaitan dengan budaya di Jepang. Apalagi tentang pekerjaannya di bidang medis, juga tidak ada yang perlu dikhawatirkan karena pekerjaan yang akan dilakukan sesuai dengan jurusannya di sekolah.” Ujar Purwati.

Siswa yang akan berangkat ke Jepang, Jana Tausi Rifki mengaku sudah mantab untuk bekerja di Jepang dan niatnya ini juga sudah mendapat restu dari kedua orang tuanya sehingga keberangkatannya tinggal menunggu waktu saja.