Berita


SMK Muhammadiyah 2 Turi mengadakan acara Sosialisasi Palang Merah Remaja dan Patroli Keamanan sekolah

Pada hari Kamis, 09 September 2021, SMK Muhammadiyah 2 Turi mengadakan acara Sosialisasi Palang Merah Remaja dan Patroli Keamanan sekolah. Narasumber pertama adalah dari pihak kepolisian polres sleman yaitu Briptu Giri Sutopo menyampaikan materi Patroli Keamanan Sekolah. Beliau menyampaikan tentang UU Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, yaitu UU no 22 tahun 2009. Tugas Patroli Keamanan Sekolah adalah mengatur lalu lintas di lingkungan sekolah dan lingkungan sekitar sekolah terutama pada saat menyeberangkan siswa - siswi yang akan menuju sekolah maupun yang akan meninggalkan sekolah. Selain itu, beliau juga menyampaikan bahwa ada 12 macam gerakan pengatur lalu lintas dan 3 macam bunyi peluit untuk pengaturan lalu lintas. Ada 3 macam bunyi peluit untuk pengaturan lalu lintas yaitu :

1.    Stop (peluit satu kali panjang),

2.    Berjalan(2x pendek pendek),

3.    Mempercepat (3x pendek pendek). 

Narasumber memberikan contoh dalam membunyikan peluit untuk pengaturan lalu lintas dan ada beberapa siswa yang diminta untuk mempraktekkan dalam membunyikan peluit. Untuk menjadi pengatur lalu lintas harus memiliki modal agar bisa menjalankan tugasnya dengan baik. Modal pengatur lalu lintas, yaitu :

1. Berani

2. Menguasai materi

3. Utamakan keselamatan

4. Melihat jenis kendaraan, apakah kendaraan besar seperti truk yang  

               memuat pasir ataukah kendaraan kecil

5. Melihat jarak kendaraan

6. Melihat kecepatan kendaraan

7. Melihat situasi dan kondisi jalan

Materi kedua adalah mengenai PMR. Materi ini disampaikan oleh pihak PMI. PMR adalah bagian dari PMI yang anggotanya di bawah 17 tahun. PMR adalah wadah pembinaan dan pemgembangan remaja PMI. Narasumber menyampaikan materi tentang Tri bakti PMR, yaitu :

1. Meningkatkan ketrampilan hidup sehat

2. Berkarya berbakti di masyarakat

3. Mempererat persahabatan

Karakteristik PMR yaitu Bersih, Sehat, Kepemimpinan, Peduli, Kreatif, Kerjasama, Bersahabat dan Ceria. Di Indonesia dikenal ada 3 tingkatan PMR sesuai dengan jenjang pendidikan atau usianya, yaitu :

1.    PMR Mula adalah PMR dengan tingkatan setara pelajar Sekolah

     Dasar (10-12 tahun). Warna slayer hijau muda

2.    PMR Madya adalah PMR dengan tingkatan setara pelajar Sekolah

     Menengah Pertama  (12-15 tahun). Warna slayer biru langit

3.    PMR Wira adalah PMR dengan tingkatan setara pelajar Sekolah  

     Menengah Atas (15-17 tahun). Warna slayer kuning cerah

Keterlibatan anggota remaja PMI dalam kegiatan Tri Bakti PMR disesuaikan dengan kompetensi dan ketertarikan mereka, serta kebutuhan PMI dan remaja. Dalam merancang dan melaksanakan kegiatan, mereka memerankan fungsi yang berbeda-beda.

1.  PMR Mula berfungsi sebagai peer leadership, yaitu dapat menjadi contoh / model ketrampilan hidup sehat bagi teman sebaya.

2.   PMR Madya berfungsi sebagai peer support, yaitu memberikan dukungan, bantuan, semangat kepada teman sebaya agar meningkatkan ketrampilan hidup sehat.

3.     PMR Wira berfungsi sebagai peer educator, yaitu pendidik sebaya keterampilan hidup sehat.

Dari pihak PMI menyampaikan materi tentang penanganan pasien Hal ini agar siswa mengerti mengenai cara penanganan terhadap pasien. Pihak PMI menyampaikan cara penanganan terhadap luka dengan cara dibalut atau diperban.



PPDB ONLINE


Kontak


Alamat :

Jl. Turi-Tempel Km. 3,5 Ngablak, Bangunkerto, Turi, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55551

Telepon :

08112652323 - 087839302035

Email :

smkmuhturi2@gmail.com

Website :

https://www.smkmuhaturi.sch.id

Media Sosial :

PENGUMUMAN UN


Banner