Berita


SMK Muhammadiyah 2 Turi mengadakan acara Sosialisasi Terapi Pasca Covid, Pembuatan Pupuk Kompos dan Pengelolaan Limbah Plastik

Pada hari Kamis, 16 September 2021, SMK Muhammadiyah 2 Turi mengadakan acara Sosialisasi Terapi Pasca Covid, Pembuatan Pupuk Kompos dan Pengelolaan Limbah Plastik. Acara ini dimulai sekitar pukul 13.30 WIB. Ada 3 materi yang disampaikan dalam acara ini. Materi pertama disampaikan oleh dr Imam. Beliau menyampaikan materi tentang Terapi Pasca Covid. Beliau menyampaikan bahwa beliau baru sembuh dari Corona. Tetapi ternyata badan masih terasa belum nyaman meskipun sudah dinyatakan sembuh. Kemudian beliau mengikuti terapi sinar infra merah yang bisa melancarkan peredaran darah. Dalam waktu 10 hari badan sudah lebih nyaman. Sinar infra merah ternyata bisa mempercepat kesembuhan pasien covid. Klinik SMK Muhammadiyah 2 Turi memberikan pelayanan terapi pasca covid.

Materi kedua adalah mengenai pengelolaan sampah organik dan pembuatan kompos skala rumah tangga oleh bapak Agus Nugroho Setiawan dari Program Studi Agroteknologi UMY. Beliau menyampaikan permasalahan sampah. Sampah yg paling banyak adalah sampah organik. Jenis - jenis sampah :

     1. Sampah organik dari sisa makhluk hidup yang sudah mati

     2. Sampah anorganik merupakan jenis sampah yang sulit terurai secara alami di   

         dalam tanah. Jenis sampah ini dapat ditemukan dalam bentuk botol plastik,

         gelas kaca, dan sejenisnya.

     3. B3 / Bahan Beracun dan Berbahaya adalah  zat atau bahan-bahan lain yang

         dapat membahayakan kesehatan atau kelangsungan hidup manusia, makhluk

         lain, dan atau lingkungan hidup pada umumnya. Karena sifat-sifatnya itu,

         bahan berbahaya dan beracun serta limbahnya memerlukan penanganan

         yang khusus. Contoh Baterei bekas, neon dan bolam bekas, kaleng aerosol

          kosong, dan lain – lain.

Limbah organik dihasilkan dari sisa - sisa makhluk hidup. Limbah ini bisa dibuat menjadi pupuk organik yang bisa berbentuk padat dan cair. Ada banyak sekali jenis pupuk organik, antara lain :

1. Kompos

          Bahan organik akan mengalami pelapukan. Secara alamiah bahan organik akan   

          terurai. Jenis – jenis kompos :

a. Pupuk kompos aerob menggunakan oksigen.

b. Pupuk bokhasi menggunakan bakteri.

c. Pupuk vermikompos menggunakan makroorganisme seperti cacing.

d. Pupuk Organik Cair ( POC)

       2. Pupuk hijau

       3. Pupuk kandang,

       4. Sisa panen

Alat untuk membuat kompos adalah komposter. Jenis - jenis komposter :

       1. Takakura

       2. Komposter drum

       3. Komposter grabah

       4. Komposter biopori

Materi ketiga adalah dari Ibu Mustika Dewi ( Dinas Lingkungan Hidup) yaitu mengenai Pengelolaan Limbah Plastik dengan menggunakan 3 R : Reuse, Reduce,  Recycle. Reuse berarti menggunakan kembali sampah yang masih dapat digunakan untuk fungsi yang sama ataupun fungsi lainnya. Reduce berarti mengurangi segala sesuatu yang mengakibatkan sampah. Dan Recycle berarti mengolah kembali (daur ulang) sampah menjadi barang atau produk baru yang bermanfaat.

Kondisi lingkungan saat ini sudah mengalami banyak kerusakan. Pembuangan sampah, penebangan hutan, pembakaran sampah mengakibatkan kerusakan lingkungan. Oleh karena itu,  diperlukan adanya Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH). Untuk Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) jalur formal yaitu  kegiatan pendidikan di bidang lingkungan hidup yang diselenggarakan melalui sekolah, terdiri atas pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi dan dilakukan secara terstruktur dan berjenjang  dengan metode pendekatan kurikulum yang terintegrasi maupun kurikulum yang monolitik (tersendiri). Sedangkan untuk Pendidikan Lingkungan Hidup non formal adalah kegiatan pendidikan di bidang lingkungan hidup yang dilakukan di luar sekolah yang dapat dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang (misalnya pelatihan AMDAL, ISO 14000, PPNS).

 

Daftar Pustaka

http://rizkabahrul.blogspot.com/2013/06/sistem-pendidikan-lingkungan-hidup_1743.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Pupuk_organik#Kompos



PPDB ONLINE


Kontak


Alamat :

Jl. Turi-Tempel Km. 3,5 Ngablak, Bangunkerto, Turi, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55551

Telepon :

08112652323 - 087839302035

Email :

smkmuhturi2@gmail.com

Website :

https://www.smkmuhaturi.sch.id

Media Sosial :

PENGUMUMAN UN


Banner